Wednesday, April 28, 2010

Apakah Kolesterol Berbahaya?

kolesterol Seperti pada postingan sebelumnya tentang kolesterol, dimana kolesterol sebenarnya merupakan senyawa lemak kompleks yang juga dibutuhkan oleh tubuh seperti halnya karbohidrat, protein, mineral dan lain-lain. Akan tetapi selain bermanfaat, kolesterol yang berlebihan di dalam tubuh akan membawa banyak resiko penyakit seperti jantung koroner.

Oleh karena itu kita perlu mengetahui lebih mendalam tentang kolesterol ini seperti ada berapa jenis kolesterol dan manakah yang termasuk kolesterol berbahaya?

1. Kolesterol LDL (Low Density Lipoprotein)

Kolesterol jenis ini tergolong berbahaya sehingga sering disebut sebagai kolesterol jahat. Kolesterol LDL mengangkut kolesterol paling banyak di dalam darah. Tingginya kadar kolesterol LDL bisa menyebabkan atherosklerosis yang mempunyai pengertian akumulasi dari kolesterol ini di dinding arteri yang membentuk semacam plak yang bisa menyebabkan dinding arteri menjadi kaku dan rongga pembuluh darah menyempit. Tingginya kadar kolesterol LDL merupakan faktor resiko utama penyakit jantung koroner.

2. Kolesterol HDL (High Density Lipoprotein)

Kolesterol ini masuk dalam kateori tidak berbahaya aau biasa disebut dengan kolesterol baik. Karena kolesterol ini berguna untuk mencegah munculnya atheroklerosis pada pembuluh darah. Kolesterol HDL akan mengeluarkan partikel kolesterol dari dinding pembulu darah dan mengirimkannya ke hati untuk kemudian dihancurkan di dalam empedu.

Untuk memperoleh kondisi yang sehat kita harus berusaha untuk menjaga agar kadar kolesterol LDL di dalam darah rendah dan kadar kolesterol HDL tetap tinggi.

No comments:

Post a Comment

 
Increase Page Rank


Pasang Iklan Gratis


Search Engine Optimization and SEO Tools