Wednesday, April 28, 2010

Kolesterol

kolesterol Seringkali kita mendengar penyakit yang disebabkan oleh tingginya kadar kolesterol di dalam tubuh. Sebenarnya apa sih kolesterol? Sebenarnya kolesterol adalah senyawa lemak kompleks, dimana lemak merupakan salah satu zat yang diperlukan oleh tubuh kita seperti halnya karbohidrat, protein, mineral dan vitamin. 80% kolesterol dihasilkan dari dalam tubuh (di produksi di dalam organ hati), dan 20% berasal dari luar tubuh (berasal dari makanan yang kita makan. Salah satu sumber energi bagi tubuh kita yang memberikan kalori paling tinggi adalah lemak atau kolesterol dimana disamping sebagai salah satu sumber energi, kolesterol merupakan zat yang dibutuhkan oleh tubuh kita khususnya dalam pembentukan dinding sel di dalam tubuh kita.

Kolesterol tidak bisa larut di dalam darah, agar dapat terkirim ke seluruh tubuh maka kolesterol dikemas bersama protein menjadi partikel yang disebut lipoprotein.

Kolesterol merupakan bahan dasar pembentukan hormon-hormon steroid. Kolesterol yang kita butuhkan, secara normal diproduksi dalam jumlah yang normal di dalam tubuh kita. Akan tetapi kolesterol di tubuh kita bisa meningkat jumlahnya karena asupan makanan yang berasal dari lemak hewani, telur dan atau makanan tidak sehat.

Kandungan kolesterol dalam tubuh yang berlebihan akan tertimbun di dalam dinding pembuluh darah dan menimbulkan aterosklerosis atau penyempitan atau pengerasan pembuluh darah. Hal inilah yang menjadi penyebab munculnya penyakit stroke dan penyakit jantung.

1 comment:

 
Increase Page Rank


Pasang Iklan Gratis


Search Engine Optimization and SEO Tools