Wednesday, April 28, 2010

Penyakit Anthrax

anthrax Beberapa hari lagi umat Islam akan merayakan hari raya kurban, dimana ritual yang mengikutinya adalah pemotongan hewan ternak (sapi, kambing, atau kerbau). Yang perlu diwaspadai dari hewan ternak tersebut adalah penyakit Anthrax.

Anthrax adalah penyakit hewan yang dapat menular ke manusia dan bersifat akut. Penyebabnya adalah bakteri Bacillus anthacis. Bakteri ini bersifat aerob dan di alam bebas akan membentuk spora yag bisa bertahan hidup hingga puluhan tahun serta bisa menjadi sumber penularan pada hewwan dan manusia.

Hewan tertular anthrax biasanya akibat makan spora yang menempel pada tanaman yang dimakan. Sapi, kerbau, kambing, domba, kuda, burung onta, dan babi merupakan beberapa contoh hewan yang sering terjangkit anthrax.

Pada manusia penyakit anthrax akan menimbulkan semacam bisul berwarna hitam kemerahan. Apabila pecah akan menimbulkan luka dan meninggalkan cacat.

Penyakit anthrax bisa disembuhkan apabila ditangani secara dini. Pada penanganan awal diberikan antibiotik seperti penicillin, yang biasanya tersedia di tiap puskesmas di Indonesia dan para dokter sudah terampil menanganinya. Begitu gejala awal timbul dan minum obat, penderita biasanya akan langsung sembuh.

Mencegah akan lebih baik daripada pengobati, tindakan-tindakan pencegahan yang bisa kita lakukan untuk terhindar dari penyakit ini antara lain:

  • cuci tangan sebelum makan
  • hindari kontak dengan hewan atau manusia yang sudah terjangkit anthrax
  • beli daging dari rumah potong hewan yang resmi
  • masaklah daging dengan sempurna
  • hindari menyentuh cairan dari luka anthrax
  • melaporkan secepat mungkin bila ada masyarakat yang terjangkit anthrax
  • bagi peternak atau pemilik hewan ternak, upayakan untuk menvaksinka hewan ternaknya.

No comments:

Post a Comment

 
Increase Page Rank


Pasang Iklan Gratis


Search Engine Optimization and SEO Tools