Wednesday, April 28, 2010

Flu Babi (Swine Flu)

flu babi Salah satu penyakit yang sekarang menjadi endemik selain flu burung (H5N1) adalah Flu Babi (Swine Flu). Penyakit ini juga sudah banyak membawa korban jiwa. Negara Amerika, Mexico dan Canada ditemukan kasus flu babi pada manusia, bahkan di Mexico setidaknya 81 orang meninggal karena penyakit ini. Sedangkan di Indonesia diketahui beberapa orang menjadi suspect flu babi ini.

Sebenarnya apa yang di maksud dengan Flu Babi? Flu Babi adalah grup dari virus influenza yang dapat menyebabkan flu pada babi. Dimana virus yang menyebabkan wabah flu pada manusia ini berasal dari strain virus Influenza A type H1N1. Secara genetik virus ini juga ditemukan sebagai bagian dari flu manusia, atau juga flu burung.

Gejala awal dari penyakit ini hampir sama dengan flu biasa, batuk, demam, sakit kepala, pilek, nyeri otot, kelelahan, muntah dan diare. Pada kasus yang berat, perkembangan penyakit berlangsung cepat (dalam tempo 5 hari) menjadi gejala seperti pneumonia (nafas pendek dan sulit).

Obat anti virus yang digunakan untuk flu burung dapat digunakan mencegah virus flu babi. Ada 4 (empat) macam obat anti virus yang disetujui di United States (oseltamivir, zanamivir, amantadine dan rimantadine). Virus influenza A (H1N1) yang menyebabkan flu babi yang terdeteksi di America dan Mexico ternyata resistan terhadap amantadine dan rimantadine. Tes di laboratorium membuktikan bahwa mereka sensitif (susceptible) terhadap oseltamivir dan zanamivir.

Mencegah lebih baik dari pada mengobati. Langkah-langkah yang bisa dilakukan sebagai upaya pencegahan antara lain:

  1. Bila sedang bersin atau batuk tutup mulut dengan tisu, dan buang tisu di tempat sampah.
  2. Sesering mungkin cuci tangan dengan menggunakan sabun terutama setelah batuk dan bersin. Hindari menyentuh mata, hidung dan mulut karena virus menyebar melalui tindakan ini.
  3. Hindari kontak langsung dengan penderita.
  4. Penyebaran antar manusia melalui mekanisme batuk dan bersin.

Dengan melalukan upaya pencegahan diharapkan kita tidak tertular flu babi atau penyakit yang lain.

No comments:

Post a Comment

 
Increase Page Rank


Pasang Iklan Gratis


Search Engine Optimization and SEO Tools