Wednesday, April 28, 2010

Strategi untuk cepat bugar

Pekerjaan menumpuk, tenggat waktu hampir habis, maka olahraga menjadi kegiatan yang paling cepat didelete dari daftar kegiatan yang dicoret dari skedul harian kita.

Jangan kuatir, meski olahraga tidak bisa dilakukan seperti jadwal rutin yang kita lakukan harian, ada strategi untuk membuat badan kita bugar dalam waktu pendek.

Jadikan olahraga sebagai kebiasaan, karena olahraga secara rutin dan terukur serta teratur adalah jalan terbaik untuk berinvestasi sehat bukan hanya dikerjakan by mood atau ogah-ogahan.



Pilihan olahraga

kalau di rumah Anda memiliki peralatan olahraga yang cukup lengkap, seperti halnya di gym, itu akan sangat menunjang latihan Anda. Tapi kalaupun tidak, masih banyak alternatif olahraga yang bisa dilakukan di rumah. Pilihannya bisa beragam mulai dari senam, latihan angkat beban, ataupun jogging.

Peralatan

Peralatan untuk mendukung latihan Anda dirumah bisa didapatkan dengan mudah, seperti dumbell. Kalau Anda baru pertama kali mencoba latihan pembentukan otot dengan dumbell sebaiknya tidak perlu memiliki dumbell yang terlalu berat. Mulailah dari yang beratnya 1-3 kilogram.

Kalau Anda tidak punya dumbell, Anda bisa memanfaatkan botol air mineral 1 liter, lalu mengisinya dengan air hingga penuh dan tutup rapat. Maka jadilah dumbell “darurat”.

Selain itu, peralatan di sekitar rumah juga bisa dimanfaatkan untuk mendukung latihan Anda. Kalau Anda memilih senam, maka kalau tidak ada matras, Anda masih bisa menggunakan karpet atau puzzle angka yang disusun di atas lantai sebagai alasnya. Sementara untuk alat bantunya, bisa menggunakan sapu lantai, baki atau kursi.

Jangan lupa pemanasan

Kalau semuanya peralatan sudah disiapkan dan Anda pun sudah siap untuk berolahraga, pastikan sebelumnya Anda sudah melakukan pemanasan dengan strecthing. Agar ketika latihan, Anda tidak mengalami cidera, dan latihan pun berjalan lancar.

Waktunya berolahraga!

Mulailah dengan latihan yang ringan, seperti gerakan-gerakan senam. Selain itu, untuk membentuk perut agar lebih indah dan ramping, Anda bisa melakukan sit up. Dan untuk mengencangkan otot, Anda bisa berlatih angkat beban.

Dan untuk menyemangatkan Anda saat berlatih, memasang musik pastinya akan semakin menyenangkan. Alunan irama musik, bisa menjadi patokan ritme dari setiap gerakan yang dilakukan. Selain itu, Anda akan merasa jauh lebih rileks dan menikmati latihan Anda.

Progres

Lakukanlah latihan Anda secara rutin 3-5 kali seminggu. Apabila Anda masih belum terbiasa, latihannya bisa dilakukan selama 5-10 menit. Akan tetapi, kalau Anda sudah terbiasa, intensitas latihan bisa ditambah menjadi 30 menit.

Namun yang perlu diingat adalah tidak perlu menghabiskan waktu berjam-jam sehari untuk berolahraga, namun setelah itu Anda sama sekali tidak berlatih kembali atau baru melakukannya seminggu atau sebulan kemudian.

Tips

Keinginan untuk berolahraga, sangat erat kaitannya dengan mood Anda sendiri. Maka dari itu, atur mood sebelum memulai latihan. Karena jika mood sedang tidak mendukung, maka latihan bisa menjadi sangat beresiko menimbulkan cidera. So, stay focus!

No comments:

Post a Comment

 
Increase Page Rank


Pasang Iklan Gratis


Search Engine Optimization and SEO Tools