Wednesday, April 28, 2010

Cerdas memilih isotonik

Tawaran/iklan bermacam-macam minuman bisa dengan mudah ditemukan di media cetak maupun elektronik, baik minuman yang biasa dikenal sebagai softdrink maupun yang sekarang mulai menjamur minuman dengan kandungan isotonik.

Aku jadi ingat ceramah tentang kesehatan di kelas KMP dari dr. Zainal. Apa sich sebetulnya minuman berisotonik itu? Tak lain dan tak bukan minuman berisotonik adalah minuman yang mengandung mineral yang diperlukan oleh tubuh seperti natrium, kalium, kalsium, magnesium, karbohidrat, dan sebagainya.

Sementara iklan/tawaran minumam yang lain mengatakan minuman isotonik bervitamin, maka minuman ini selain mengandung sejumlah mineral juga dilengkapi dengan jenis vitamin.

Kenapa sich sekarang gencar iklan minuman berisotonik, emang minum air putih biasa tidak cukup. Kalau tidak cukup, kenapa orang tua – orang tua kita yang tidak mengenal minuman isotonik bisa mencapai usia lanjut,sementara orang-orang sekarang masih muda sudah terkena penyakit orang modern seperti jantung, stroke, hipertensi dan lain-lain.

Kita perlu mencermati, seberapa kebutuhan tubuh kita akan minuman berisotonik, tidak perlu termakan iklan yang gencar bersliweran didepan mata. Memang kelebihan dari minuman isotonik adalahsegera dapat menggantikan cairan tubuh yang hilang, karena tingkat osmosalitasnya sama dengan tubuh, atau dengan kata lain, keseimbangan kepekatan larutan isotonik sama dengan kepekatan cairan darah.

Agar tidak terjebak rayuan iklan yang beragam dan slalu mengklaim lebih baik dari yang lain, maka kita harus mempunyai pegangan ataupun kriteria memilih minuman berisotonik. Cara yang paling mudah adalah pertimbangan kesehatan sebagai yang nomer wahid, selain itu yang perlu dipertimbangkan adalah:

  • hindari minuman yang mengandung bahan pengawet
  • hindari yang mengandung pemanis buatan
  • pilih yang memberi solusi optimal untuk kebutuhan tubuh
  • perhatikan label dari BPOM sebagai otoritas pemerintah dalam produk makanan dan minuman

Selamat memilih yang terbaik untuk tubuh kita dan orang-orang yang kita sayangi disekitar kita.

No comments:

Post a Comment

 
Increase Page Rank


Pasang Iklan Gratis


Search Engine Optimization and SEO Tools